• Monday, May 22nd, 2023

Amanah

Oleh Agung Kuswantoro

Salah satu sifat wajib Nabi/Rosul adalah amanah. Amanah artinya dapat dipercaya. Beberapa hari yang lalu, UNNES melantik banyak pejabat mulai dari: Dekan, Direktur, Kepala, Ketua, Sekretaris, dan pejabat lainnya.

Dalam jabatan, ada amanah. Lalu, muncul pertanyaan, apakah Amanah yang diemban oleh Nabi/Rosul itu sama dengan amanah yang diemban oleh para pejabat? Jika saya diizinkan menjawab atas pertanyan tersebut, jawaban saya bisa jadi bahwa Amanah tersebut sama. Yaitu, amanah secara substansi. Artinya: “dapat dipercaya”. Secara umum. Pejabat tersebut harus mampu menjaga “pesan dipercaya” kepada lingkungannya. Oleh karena, sifat-sifat wajib Nabi/Rosul harus diemban oleh pejabat/pemimpin. Salah satunya adalah amanah. Para pejabat harus mampu melakukan sifat wajib tersebut. Jika tidak mampu, maka unsur kepemimpinan yang ada dalam jabatan tersebut, menjadi kurang bermakna. []

Semarang, 21 Mei 2023

Ditulis di Rumah jam 07.10 – 07.15 Wib.

Category: Uncategorized
You can follow any responses to this entry through the RSS 2.0 feed. You can leave a response, or trackback from your own site.
Leave a Reply