• Saturday, September 16th, 2023

Safinatunnajah (1): Pembukaan dengan Memuji Nama Allah dan Solawat Nabi Muhammad Saw

Oleh Agung Kuswantoro

Selasa malam (12 September 2023) adalah pertemuan pertama untuk kajian Kitab Safinatunnajah. Alhamdulillah ada 9 mahasantri yang hadir. Usai acara Rabu Wekasan di Musolla, kajian langsung dimulai.

Dalam pembukaan kitab tersebut berisikan: (1) Puji syukur terhadap Allah yang Menuhani segala alam dan (2) sholawat serta salam dipanjatkan kepada Nabi Muhammad Saw, keluarga, dan sahabatnya.

Berikut saya tulis makna dari pembukaan/muqoddimah dari Kitab Safinatunnajah: ”Segala puji bagi Allah Tuhan semesta alam. Hanya kepada-Nyalah kami mohon pertolongan untuk urusan dunia dan agama. Semoga Allah memberi rahmat kepada junjungan kita Nabi Muhammad saw. penutup para nabi, semoga pula tercurahkan atas keluarga dan para sahabat Nabi keseluruhan. Tiada daya untuk menghindart dari maksiat dan tiada upaya untuk melakukan kebajikan melainkan dengan mendapat pertolongan dari Allah Yang Maha Luhur lagi Maha Agung”.

Dari muqoddimah/pembukaan tersebut ada poin/prinsip yang harus disampaikan saat muqoddinah/pembukaan adalah: (1) Puji syukur atas kehadiran Allah dan (2) Solawat Nabi Muhammad Saw, keluarga, dan sahabatnya. []

Semarang, 14 September 2023

Ditulis di kelurahan Pudakpayung dan GKS, jam 08.00 – 08.10 WIb. dan 12.10 – 12.14 Wib.

Category: Uncategorized
You can follow any responses to this entry through the RSS 2.0 feed. You can leave a response, or trackback from your own site.
Leave a Reply