• Thursday, January 18th, 2024

Membaca – Menulis

Oleh Agung Kuswantoro

Adalah Muhammad Fathul Mubin (Mubin) yang sedang belajar dengan saya tentang menulis huruf pegon. Metode yang saya gunakan adalah membaca dan menulis secara langsung dari buku yang saya gunakan. Saya menggunakan buku karangan ustad Ichsan Sardi berjudul “Kitab Tuntunan Membaca dan Menulis Arab Pegon jilid I-III” yang saya beli di toko kitab Kartini, Rembang.

Adanya buku ini menjadikan saya mudah dalam menyampaikan pesan/materi yang saya sampaikan. Itulah cara saya menyampaikan materi kepada Muhammad Fathul Mubin.

Beda dengan Muhammad Syafa’atul Quddus, dimana saya harus menulis dulu sebuah ayat yang ada di surat Al-Qur’an. Baru, Syafa – panggilan Muhammad Sayfa’atul Quddus – menirukan huruf yang ditulis dibawah contoh tulisan saya. Materi untuk Syafa’ adalah materi dasar dalam menulis huruf hijaiyah dengan contoh ayat Al-Qur’an. Sedangkan untuk Mubin, materinya adalah membaca/menulis pegon mulai dari a, i, u, e, o, pepet, huruf p, huruf v, nya, dan menulis/membaca kalimat dalam tulisan pegon.

Semoga apa yang saya lakukan kepada ke-2 santri saya ini, bisa istikamah, sehingga harapannya bisa menulis dan membaca huruf hijaiyah dan huruf pegon dengan benar. []

Semarang, 16 Januari 2024

Ditulis di Gedung Kearsipan UNNES jam 14.00 – 14.10 Wib.

Category: Uncategorized
You can follow any responses to this entry through the RSS 2.0 feed. You can leave a response, or trackback from your own site.
Leave a Reply