• Friday, April 26th, 2024

Adminsitrasi Perkantoran Realistis dan Idealis
Oleh Agung Kuswantoro

Alhamdulillah telah selesai pelatihan bertema:”Adaptasi dan Menguatkan Administrasi Perkantoran Pada Masa Serba Digital”. Tiga hari, saya sebagai pemateri tunggal. Ada sekitar 300-an peserta yang mengikuti baik sevara zoom meeting atau live youtube.

Alhamdulillah peserta sangat antusias, terlihat dari: saat diskusi banyak yang bertanya; antar peserta saling menguatkan pendapatnya; mengirimkan refleksi hasil pelatihan ke saya, dan kegiatan pelatihan dijadikan status peserta di media sosialnya.

Pesan yang saya tangkap atas materi saya kepada peserta adalah administrasi perkantoran idealis itu ada pada “diri saya” atau “materi” yang saya sampaikan, sedangkan “realistis” atau “keadaan lapangan”.

Disinilah, letak diskusi menjadi menarik, dimana saya dan peserta berdiskusi mencari solusi yang tepat agar administrasi perkantoran tidak ketinggalan zaman dan tetap eksis. Administrasi perkantoran harus tetap “hidup” apa pun keadaannya, walaupun serba digital. Oleh karenanya, saya dan peserta harus saling menguatkan kompetensi-kompetensi administrasi perkantoran.

Saya mengucapkan terima kasih kepada penyelenggara kegiatan (e-Guru.id) yang telah mengajak saya untuk belajar dan berdiskusi bersama dengan “serumpun” administrasi perkantoran. Saya juga mengucapkan kepada para peserta dari Aceh hingga Papua atas partisipasi dan keaktifan seluruh pelatihan 3 hari, semoga apa yang telah didiskusikan dan dipelajari bisa memberikan manfaat untuk diri, masyarakat, dan bangsa ini. Amin. []

Semarang, 25 April 2024/16 Syawal 1445. Ditulis di Rumah, jam 04.55 – 05.00 Wib.

Category: Uncategorized
You can follow any responses to this entry through the RSS 2.0 feed. You can leave a response, or trackback from your own site.
Leave a Reply