• Thursday, May 12th, 2022

Menjaga “Spirit”/ Semangat Ramadhan
Oleh Agung Kuswantoro

Bangun pagi – Insya Allah – sudah menjadi bagian aktivitas saya dan keluarga. Biasanya, dimulai dengan salat sunah, salat jamaah di Masjid, dan menyiapkan keperluan pagi hari (sarapan, peralatan kerja, sekolah anak, dan mandi pagi, dan aktivitas lainnya).

Syawal masih berlangsung saat ini. Ada yang membekas dalam hati yaitu rutinitas ibadah kegiatan di bulan Ramadhan beberapa bulan lalu. Lalu muncul pertanyaan: “Apa yang harus kita lakukan agar ibadah sama/setara dengan bulan Ramadhan?”

Jawabannya: menjaga semangat ibadah Ramadhan tiap hari. Ramadhan itu tidak setiap tahun, tetapi setiap hari. Karena, Ramadhan itu milik Allah. Jadi, Ramadhan pasti hidup tiap hari.

Mulailah ibadah dengan mengajak dan menggandeng pasangan hidup, anak, keluarga, serta masyarakat. Jangan ibadah untuk diri sendiri. Ibadah pada bulan Ramadhan yang kebanyakan bersifat sosial/bersama, sehingga kebiasaan ibadah pada bulan Ramadhan tetap dipertahankan, kebersamaannya.

Sekali lagi, mari jaga spirit Ramadhan tiap hari. Sederhana saja caranya: salat subuh berjamaah di Masjid, sedekah, puasa sunah, berkata baik, dan fokus kepada niat kepada Allah. Itu saja, semoga kita bisa melakukannya. Amin. []

Berikut video sebagai penyemangat kita agar tambah semangat:

Semarang, 11 Mei 2022
Ditulis di Rumah saat jam istirahat bekerja, 12.00 – 12.15 Wib.

Category: Uncategorized
You can follow any responses to this entry through the RSS 2.0 feed. You can leave a response, or trackback from your own site.
Leave a Reply