• Wednesday, June 15th, 2022

Terima Kasih Prof. Fathur dan Prof. Martono Atas Perhatian kepada Arsip

Oleh Agung Kuswantoro

 

Dies Natalis ke-57, menjadi sesuatu yang baru dalam “akademik” untuk menerima hari lahir UNNES yang jatuh tanggal 8 Juni 1965. Pastinya, bukan tiba-tiba menetapkan tanggal tersebut ditetapkan sebagai hari lahir UNNES. Ada kajiannya.

 

Ada hal yang menjadikan kami – pengelola Kearsipan UNNES – mengucapkan terima kasih dan syukur kepada Prof. Fathur Rokhman – Rektor UNNES – dan Prof. Martono—Wakil Rektor Bidang Umum dan Keuangan UNNES—dimana sangat memperhatikan kearsipan UNNES.

 

Arsip-arsip yang bertema IKIP Semarang sejak tahun 1964, kami kelola dengan baik. Tiap kali pimpinan UNNES membutuhkan, Alhamdulillah kami siap. Terlebih, kami dibantu dengan sistem “Arsip Digital”. Sistem tersebut menjadikan mudah dalam pencarian secara elektronik.

 

Menyimak pidato sambutan tahunan Rektor selalu menyita perhatian kami. Saya – selaku pengelola kearsipan UNNES – mengajak kepada teman-teman untuk memperhatikan pidato Rektor (Prof. Fathur). Tercatat Prof. Fathur selalu menyebut dan menyampaikan dari isi arsip bertema IKIP Semarang dan sejarahnya, mulai dari: Surat Keputusan Presiden Nomor 271 Tahun 1965 tentang pendirian Institut Keguruan Semarang. Bahkan sejarah IKIP Semarang, yang dimulai dari kolonial Belanda (Middelbaar Onderwizer A Cursus (MO-A) dan Middelbaar Onderwizer B Cursus (MO-B), FKIP dan STO, IKIP Yogyakarta cabang Semarang, IKIP Semarang, dan UNNES.

 

Pidato Rektor adalah pemantik bagi peserta yang hadir, termasuk Menko PMK Prof Muhadjir Effendy. Prof Muhadjir Effendy dalam orasi ilmiahnya mengulas tentang kursus, sebagaimana yang disampaikan oleh Prof. Fathur.

 

Ini menunjukkan bahwa sambutan Rektor (Prof. Fathur) sangat menarik.  Kami – pengelola kearsipan UNNES – sangat berterima kasih kepada Prof. Fathur dan Prof. Martono yang sangat perhatian kepada kearsipan. Hal ini menjadikan inspirasi kepada kami agar kelak depot kearsipan atau tempat/gedung kearsipan diberi nama “Gedung/Depot Arsip Fathur Rokhman dan Prof. Martono”.

 

Selain itu, pimpinan UNNES telah mengkompetisikan hibah penelitian untuk fungsional arsiparis dengan jumlah dana tiap ketua peneliti yaitu Rp. 15.000.000,00. Pada tahun ini ada beberapa arsiparis yang lolos penelitian yaitu: Rohmadi, Suminar, Eko Febriyanto, Eko Setyono, Rohmawati, Djoko Legowo, Gunadi, dan yang lainnya.

 

Semoga Prof. Fathur dan Prof. Martono serta keluarganya sehat selalu. Terima kasih telah menginspirasi kami. []

 

Semarang, 10 Juni 2022

Ditulis di Rumah Jam 04.00 – 04.13 Wib.

Category: Uncategorized
You can follow any responses to this entry through the RSS 2.0 feed. You can leave a response, or trackback from your own site.
Leave a Reply