• Monday, July 11th, 2022

 

Kajian Arbain Nawawi (18): Sekuat Apapun, Pasti Memiliki “Pantangan”/Haram

Oleh Agung Kuswantoro

 

“Ketahuilah bahwa setiap raja memiliki larangan dan larangan Allah adalah apa yang diharamkan (hadist ke-6 dari kitab Arbain Nawawi).

 

Saya memahami hadist tersebut adalah segala sesuatu yang paling hebat/kuat, pasti memiliki pantangan atau hal yang dilarang. Adapun larangan terbaik adalah larangan Allah yang tertulis dalam al-Qur’an misal, miras, zina, berbohong, khianat, dan lainnya. [ ]

 

Kajian Arbain Nawawi (19): Daging Itu Hati

Oleh Agung Kuswantoro

 

Ada “daging” yang menentukan akan jasad dalam tubuh manusia. Apabila “daging” itu baik, maka jasad tersebut akan baik. Sebaliknya, apabila “daging” tersebut buruk, maka jasad tersebut akan buruk. Nah, apakah “daging” tersebut? Hati, jawabnya. Itulah inti dari penutup hadist kitab dari Arbain Nawawi nomor enam tersebut: “Ketahuilah bahwa dalam diri ini terdapat segumpal daging, jika ia baik maka baiklah tubuh ini dan jika ia buruk, maka buruklah seluruh tubuh. Ketahuilah bahwa ia (segumpal darah itu) adalah hati.

 

Semarang, 1 Juli 2022

Ditulis di rumah jam 16.25 – 16.30 Wib.

 

 

Category: Uncategorized
You can follow any responses to this entry through the RSS 2.0 feed. You can leave a response, or trackback from your own site.
Leave a Reply