• Thursday, July 14th, 2022

 

Kajian Arbain Nawawi (20): Nasihat
Oleh Agung Kuswantoro

Nasihat adalah pelajaran baik, anjuran (petunjuk, peringatan, dan teguran) yang baik (KBBI). Melihat makna nasihat secara KBBI ini, menjadikan saya untuk merenung. Lalu, muncul pertanyaan: “Nasihat itu untuk siapa?” Karena melihat makna nasihat secara KBBI berisikan tentang kebaikan. Jadi, bisa dikatakan bahwa nasihat itu, untuk orang yang baik. Pastinya, nasihat tidak diperuntukkan orang yang buruk. []

Semarang, 3 Juli 2022
Ditulis di UPT Kearsipan UNNES jam 10.41 – 10.45 Wib.

Kajian Arbain Nawawi (21): Agama Adalah Nasihat
Oleh Agung Kuswantoro

Setelah belajar makna nasihat, kemudian nasihat itu berupa/berwujud seperti apa? Hadist ke-7 dari kitab Arbain Nawawi mengatakan “Agama adalah nasihat”. Maknanya dalam agama itu berisi nasihat. Dalam agama berisi kebaikan. Bisa jadi, orang yang tidak beragama susah menerima sebuah nasihat (baca: kebaikan).

Nasihat itu ditujukan kepada siapa? Jawabnya kepada Allah, kitab, Rosul, dan pemimpin kaum muslim dan rakyatnya. Berarti nasihat itu tidak “semua” orang dapat. Artinya, orang tertentu. Semoga yang dapat nasihat adalah Anda! Amin.

Semarang, 5 Juli 2022
Ditulis di UPT Kearsipan UNNES jam 10.46 – 10.51 Wib.

Category: Uncategorized
You can follow any responses to this entry through the RSS 2.0 feed. You can leave a response, or trackback from your own site.
Leave a Reply