• Tuesday, August 01st, 2023

Apakah Hidup diatur oleh Waktu?
Oleh Agung Kuswantoro

Saat di Stasiun atau Bandara, kita sering mendengarkan suara pemandu keberangkatan kereta api atau pesawat. Biasanya, pemandu tersebut mengatakan:“Pemberangkatan pada jam sekian”, kurang lebih seperti itu.

Mendengar kalimat tersebut, sempat terbesit dalam pikiran saya sebagaimana dalam judul yaitu: “Apakah hidup diatur oleh waktu?”

Menurut saya, jawabannya adalah: “Ya”, bahwa “hidup diatur oleh waktu”. Waktu yang mengatur adalah kita. Oleh karenanya, kita harus lebih mendekat kepada Sang Pemilik Waktu. Bagi saya sang Pemilik Waktu adalah Allah.

Saya jadi ingat terkait surat Al- Asr dimana ada penyebutan “Demi waktu”. Artinya bahwa Allah-lah yang memiliki waktu. Bisa jadi, dalam waktu yang sama ada orang yang tidak mau diatur oleh waktu: seperti solat, main HP, gosip, dan pekerjaan buruk lainnya.

Lalu, muncul pertanyaan lagi, siapa orang yang beruntung dengan waktu itu? Maka, jawabannya adalah lanjutan dari ayat 1 surat Al-Asr yaitu orang yang beriman, beramal soleh, dan orang yang sabar.

Jadi, cara mendekati dengan pemilik waktu agar menjadi orang yang tidak merugi/beruntung adalah menjadi orang beriman, berbuat baik, dan menjadi orang yang sabar. Itulah orang yang diatur oleh waktu dengan baik. Semoga itu kita. Amin. []

Ditulis di Semarang, 28 Juli 2023
Jam 19.00 – 19.05 Wib.

Category: Uncategorized
You can follow any responses to this entry through the RSS 2.0 feed. You can leave a response, or trackback from your own site.
Leave a Reply