• Monday, August 21st, 2023

Mendisiplin Madrasah di Rumah

Oleh Agung Kuswantoro

Atas dasar bismillahirohmanirrohim saya mencoba untuk mendisiplinkan (lagi) Madrasah di rumah dengan ke-2 anak saya. Minimal gurunya adalah saya dan istri, sedangkan muridnya adalah ke-2 anak saya (Mubin dan Syafa’).

Simpel saja sehari minimal 3  hingga 4 kali pertemuan dengan durasi waktu 10-20 menit. Adapun materinya adalah kitab-kitab yang ada di Madrasah Diniah seperti kitab hidayatus syibyan, fiqih safinatunnajah, akhlakul banin, tauhid aqidatul awwam, dan beberapa kitab lainnya.

Dalam sebuah kitab diingatkan bahwa usia 7 tahun dan 10 tahun adalah tahapan “pengenalan” dan “penguatan” dalam mengenalkan ibadah, salah satunya solat. Solat hanya sebagai “simbol” dalam batasan umur untuk pelaksanaan sebuah ibadah. Artinya adalah ibadah-ibadah lainnya yang harus dikenalkan.

Justru pertanyaanya adalah mengapa agama menekankan pada usia 7 dan 10 tahun? Atas dasar itulah, saya lebih mendisiplinkan dalam madrasah di rumah. Semoga bisa istikamah. Amin. []

Semarang, 20 Agustus 2023

Ditulis di Rumah jam 09.20 – 09.26 Wib.

Category: Uncategorized
You can follow any responses to this entry through the RSS 2.0 feed. You can leave a response, or trackback from your own site.
Leave a Reply