• Wednesday, September 06th, 2023

Ujian Mid Semester Madrasah
Oleh Agung Kuswantoro

Sudah lama (3 bulanan) – saya sebagai ustad – memberikan materi. Sekarang, tiba saatnya ujian mid semester.

Ada dua santri yang saya ajar, maka ada dua soal pula yang saya berikan. Pastinya, soal berdasarkan materi-materi yang sudah saya berikan kepadanya. Adapun materi-materinya seperti: tauhid, fiqih, imla, bahasa Arab, tarikh, bahasa Arab, dan lainnya.

Penilaiannya adalah per materi. Jadi, soal dijadikan satu, lalu dikelompokkan berdasarkan materi-materinya.

Alhamdulillah, untuk santri Mubin bisa mengerjakan dengan baik, kurang lebih 95% menguasi materi. Santri Syafa, Alhamdulillah bisa mengerjakan dengan baik juga (90% menguasai materi).

Dengan adanya ujian ini, menjadikan umpan balik saya dalam memperbaiki materi-materi tertentu yang harus didalami oleh santri. Misal: santri Mubin perlu ditingkatkan dalam materi fiqih dan menulis imla/pegon, sedangkan santri Syafa perlu ditingkatkan dalam materi tauhid.

Meskipun, madrasah dilakukan di rumah, namun standar pendidikan, layaknya Madrasah Diniyah (Madin/Sekolah Arab).

Doa dan harapan besar semoga kelak ada madrasah dengan model seperti ni bisa diterima oleh masyarakat.

Tetap semangat santri-santriku. Dan, tetap semangat juga untuk saya sendiri (selaku ustad) dan ustadahnya (ustadah Lu’lu’). Semoga Allah selalu memberikan petunjuk kebaikan untuk kita. Amin. [].

Pemalang, 3 September 2023
Ditulis di Rumah Pemalang, jam 03.55 – 04.01 Wib.

Category: Uncategorized
You can follow any responses to this entry through the RSS 2.0 feed. You can leave a response, or trackback from your own site.
Leave a Reply