• Wednesday, December 13th, 2023

Berziarah dan Berliterasi

Oleh Agung Kuswantoro

Salah satu ucapan syukur atas penyebar agama Islam di tanah Jawa ini adalah berziarah. Tercatat  di Jawa Tengah ada 3 wali yaitu Sunan Kudus, Sunan Muria, dan Sunan Kadilangu. Kami menziarahi makam penyebar agama Islam tersebut. Pastinya, berdoa kepada Allah atas nikmat ajaran Islam dari waliyullah tersebut.

Selain berziarah, tak lupa kami juga melakukan kegiatan literasi dengan berkunjung ke Toko buku dan kitab Menara Kudus. Toko buku dan kitab Menara Kudus adalah toko penjual kitab-kitab dan buku yang terkenal dalam pembelajaran Madrasah. Termasuk, kitab yang selama ini kami pelajari. Beberapa kitab dan buku, kami beli dan baca untuk bisa dipahami kandungan isinya.

Lokasi antara makam Sunan Kudus dengan Toko kitab Menara Kudus itu dekat, jadi tidak usah membutuhkan kendaraan, namun cukup jalan kaki saja. Itulah cara kami bersyukur atas segala kenikmatan Allah yang telah diberikan. Mari, kita tetap bersemangat berdoa kepada penyebar agama Islam dan tetap semangat berliterasi dengan membaca kitab/buku. []

Semarang, 11 Desember 1977

Ditulis di Rumah, jam 18.58 – 19.05 Wib.

Category: Uncategorized
You can follow any responses to this entry through the RSS 2.0 feed. You can leave a response, or trackback from your own site.
Leave a Reply