• Friday, May 12th, 2023

Kiai Wahidin: Adzan Maghrib Full selama Bulan Ramadhan

Oleh Agung Kuswantoro

Selalu teringat jika buka puasa Ramadhan diiringi dengan suara khas Kiai Wahidin. Kiai Wahidin adalah seorang “muadzin” yang istikamah mengumandangkan suara adzan maghrib dari tanggal 1 Ramadhan hingga 30 Ramadhan.

Beliau melakukan ini/adzan saat solat maghrib full selama bulan Ramadhan selama bertahun-tahun. Saya mengalami dan menjadi saksi suara “tipis” dan “melengkingnya” sejak sekolah Dasar/SD.

Beliau sebelum waktu tiba buka puasa, selalu datang “gasik”/datang awal untuk tilawah/qiro/membaca dengan indah ayat-ayat Al-Qur’an. Lalu, jika suara sirine masjid Agung Pemalang berbunyi, langsung minum air mineral yang dibawa dari rumah. Jadi, beliau membawa bekal minuman (sebesar aqua sedang). Setelah bunyi sirine pertanda buka puasa. Lalu, beliau meminum air mineral tersebut. Kemudian, beliau adzan magrib, solawatan, dan menjadi imam.

Subhanallah, kehidupan seperti ini berlanjut hingga beliau meninggal dunia. Bertahun-tahun beliau mengistikamahkan/melakukan pekerjaan mulia tersebut.

Insya Allah, adzan yang dikumandangkan adalah saksi kebaikan yang dicatat malaikat atas kebajikannya ke masyarakat. Karena, dengan suara adzan khasnya, menjadi pertanda buka puasa di daerah tersebut/Pelutan.

Alfatihah. Insya Allah dan semoga Allah menerima amal baik panjenengan Kiai Wahidin. Amin. []

Pemalang, 21 April 2023

Ditulis di Rumah Pemalang jam 14.40– 14.48 Wib.

Category: Uncategorized
You can follow any responses to this entry through the RSS 2.0 feed. You can leave a response, or trackback from your own site.
Leave a Reply