• Friday, November 10th, 2023

Fardhu Tayamum
Oleh Agung Kuswantoro

Mengingatkan materi yang lalu, bahwa syarat adalah sesuatu yang ada di luar pekerjaan. Sedangkan rukun atau fardu adalah sesuatu yang ada dalam pekerjaan. Kemarin, sudah berbicara syarat. Sekarang fardu tayamum. Ada 5 fardu tayamum yaitu:

  1. Memindahkan debu. Debu harus dipersiapkan, jangan asal debu. Biasanya, orang mengatakan kalau mau tayamum pergi ke labolatorium atau melihat jendela. Sebenarnya kalimat menyindir, bahwa tempat tersebut kurang terawat. Menurut saya, debu untuk tayamum bukan itu. Kemarin sudah dibahas.
  2. Niat. Niat tayamun adalah nawaitut tayammuna listijabati fardis solati (aku niat tayamum karena diperbolehkan fardu solat). Tayamum untuk mandi besar, otomatis niatnya untuk mandi besar, tidak sebagaimana diatas yang untuk solat.
  3. Mengusap wajah.
  4. Mengusap kedua tangan sampai ke siku.
  5. Tertib diantara dua usapan (wajah dan tangan).

Untuk keterangan mengusap wajah dan tangan, saya kesusahan menuliskan. Namun, sudah saya praktekkan saat kajian. Dimana ada menepuk, debu di tangan tetap ke atas, memutarkan tangan saat di wajah, dan mendahulukan tangan kanan saat membasuh debu saat membasuh kedua tangan (posisi tangan kiri tetap ke atas dengan tujuan debu tidak jatuh ke bawah).

Semoga kita dapat memahami fardu wudhu dengan baik. Belajar untuk memperbaiki diri sendiri. Dakwah untuk mengamalkan diri sendiri, syukur orang lain yang melihat tertarik untuk belajar bersama.

Catatan: Materi pernah disampaikan dalam kajian kitab Safinatunnajah dengan santri kos pesantren Cahaya di Musolla Mbah Karno, Sriging, Patemon pada Selasa, 7 November 2023.

Category: Uncategorized
You can follow any responses to this entry through the RSS 2.0 feed. You can leave a response, or trackback from your own site.
Leave a Reply